Selamat Datang di Website Resmi Paspampres

Pesan kesalahan

  • Notice: Undefined property: stdClass::$name dalam eval() (baris 3 dari /var/www/html/modules/php/php.module(80) : eval()'d code).
  • Strict warning: Only variables should be passed by reference dalam captcha_get_form_id_setting() (baris 74 dari /var/www/html/profiles/openpublic/modules/contrib/captcha/captcha.inc).
  • Notice: Undefined property: stdClass::$name dalam eval() (baris 3 dari /var/www/html/modules/php/php.module(80) : eval()'d code).

Arti Lambang

 

PATAKA PASPAMPRES

"SETIA WASPADA"

 

Pada tanggal 17 Maret 1995   berdasarkan Surat keputusan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia Jenderal TNI Faisal Tanjung, No. : Skep/157/III/1995 tentang pengesahan berlakunya Pataka    Paspampres Setia Waspada maka lambang satuan Paspampres adalah “SETIA WASPADA” dengan gambar lambang Negara Bhineka Tunggal Ika yang berlatar belakang PERISAI MERAH PUTIH dan dilingkari oleh PADI DAN KAPAS.

 

 

 

SETIA WASPADA mengandung arti :

Kehormatan dan Pengejawantahan akan keluhuran cita-cita serta kesetiaan terhadap bangsa dan negara yang senantiasa harus dijunjung tinggi dan dipertahankan. Sebagai alat pengikat batin dan jiwa seia-sekata setiap Prajurit Paspampres dalam rangka kebersamaan dan meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi tantangan tugas.

Makna "SETIA WASPADA" adalah Prajurit Paspampres adalah Prajurit yang senantiasa setia kepada tugasnya, setia kepada Pancasila dan Sapta Marga serta setia kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia dengan memelihara tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Lambang-lambang dalam Logo Setia Waspada bermakna antara lain:

PADI DAN KAPAS.
Padi terdiri dari 66 butir, kapas terdiri dari 23 buah dan pengikat keduanya terdiri dari 3 ikatan, yang melambangkan 23 Maret 1966 sebagai hari terbentuknya Satgas Pomad Para cikal bakal organisasi Paspampres .

PERISAI BERWARNA MERAH DAN PUTIH.
Mencerminkan tugas pokok Paspampres sebagai pengaman Kepala Negara yaitu sebagai benteng pertahanan terakhir bagi keselamatan Kepala Negara, senantiasa berpegang teguh pada keberanian yang dilandasi ketulusan dan kesucian jiwa dalam melaksanakan tugas . lima sudut/sisi pada perisai mencerminkan butir-butir Sumpah Prajurit.

GARUDA PANCASILA.
Garuda Pancasila adalah Lambang Negara Republik Indonesia. Tugas mengamankan Kepala Negara adalah identik dengan mengamankan kedaulatan Bangsa dan Negara.

TULISAN SETIA WASPADA.
Tulisan pada pita warna kuning emas bermakna bahwa Prajurit Paspampres adalah Prajurit yang senantiasa setia kepada tugasnya, setia kepada Pancasila dan Sapta Marga serta setia kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia dengan memelihara tingkat kewaspadaan yang tinggi. Sedangkan pita mencerminkan ikatan jiwa korsa yang selalu dijaga.

WARNA MERAH.
Adalah keberanian. Berani dalam setiap tindakan dengan didasarkan pada keyakinan akan kebenaran tugas yang dilaksanakan dan dilandasi jiwa pengapdian yang suci dan tulus iklas.

WARNA KUNING.
Adalah keagungan. Tugas yang diemban oleh Paspampres adalah tugas yang suci dan agung. Selain itu juga melambangkan kemakmuran. Makmur dan damai merupakan idaman setiap bangsa yang senantiasa harus dipertahankan.

WARNA HITAM.
Adalah Keabadian. Tiada lekang oleh teriknya matahari tak goyah oleh dasyatnya badai, dan tak luntur oleh ganasnya ombak samudra.