Selamat Datang di Website Resmi Paspampres

BERITA & KEGIATAN    |    ARTIKEL    |    SIARAN PERS

Pesan kesalahan

  • Notice: Undefined property: stdClass::$name dalam eval() (baris 3 dari /var/www/html/modules/php/php.module(80) : eval()'d code).
  • Strict warning: Only variables should be passed by reference dalam captcha_get_form_id_setting() (baris 74 dari /var/www/html/profiles/openpublic/modules/contrib/captcha/captcha.inc).
  • Notice: Undefined property: stdClass::$name dalam eval() (baris 3 dari /var/www/html/modules/php/php.module(80) : eval()'d code).

Tim KBRN, Unit Khusus Penangkal Ancaman Kimia Biologi Radioaktif Dan Nuklir

Situasi KBRN adalah situasi dimana suatu lingkungan terkontaminasi oleh racun kimia, agensia biologi, bahan-bahan radioaktif atau pun radiasi nuklir. Situasi ini menimbulkan ancaman yang sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup yang berada di dalamnya. Racun kimia dapat merusak jaringan tubuh sehingga dapat mengakibatkan ketidak berdayaan bahkan kematian. Begitu pula agensia biologi bersifat patogen, menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

Sedangkan bahan-bahan radioaktif maupun radiasi nuklir dapat menimbulkan efek radiasi bagi makhluk hidup yang terpapar sehingga dapat merusak jaringan tubuh dan mengakibatkan perubahan pada gen manusia. Akibatnya adalah penyakit seperti kanker, kelumpuhan dan lain sebagainya, keturunan cacat atau bahkan kemandulan. Situasi KBRN dapat ditimbulkan oleh serangan teroris yang menggunakan senjata KBRN. Selain itu, situasi KBRN juga dapat terjadi akibat kecelakaan industri, kecelakaan pengangkutan atau bencana alam. Kontaminasi KBRN dapat menyebar dalam radius yang luas tergantung jenis kontaminan, arah dan kecepatan angin, suhu dan kelembaban udara serta jumlah atau volume kontaminan.

Situasi KBRN dapat terjadi sewaktu-waktu dan di mana saja serta tidak dapat diperkirakan. Ancaman KBRN dapat menimpa siapa saja, termasuk orang-orang yang berada di lingkungan pengamanan VVIP yang dilaksanakan oleh Paspampres yaitu Presiden, Wakil Presiden, tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan beserta keluarganya. Oleh karena itu, perlu adanya langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya situasi bahaya KBRN. Langkah-langkah antisipasi tersebut antara lain dapat dilakukan dengan cara membangun suatu posko monitoring terpadu terhadap ancaman KBRN pada instalasi kepresidenan serta dengan membentuk tim KBRN yang dilengkapi dengan peralatan deteksi, proteksi dan dekontaminasi KBRN.

Monitoring terpadu terhadap ancaman KBRN pada instalasi kepresidenan dapat dbangun dengan cara menempatkan peralatan-peralatan monitoring atau deteksi KBRN seperti alat deteksi racun kimia, alat deteksi agensia biologi serta alat deteksi radiasi di titik-titik tertentu dan menghubungkannya dengan suatu posko monitoring sehingga dapat memantau keadaan lingkungan sekitar yang berkaitan dengan aspek KBRN. Selain itu juga ditempatkan peralatan yang dapat memantau faktor cuaca yang dapat mempengaruhi arah dan kecepatan penyebaran kontaminasi KBRN.

Pada kegiatan-kegiatan VVIP, keberadaan tim KBRN mutlak diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya situasi bahaya KBRN. Tim KBRN disiapkan untuk melaksanakan sterilisasi terhadap ancaman bahaya KBRN, memantau lingkungan sekitar dari kemungkinan munculnya ancaman bahaya KBRN dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, melaksanakan evakuasi terhadap korban KBRN serta melaksanakan dekontaminasi terhadap korban KBRN serta instalasi yang terkontaminasi bahan-bahan KBRN.

Tim KBRN bergerak dalam satuan tim dengan mobil unitnya yang dilengkapi dengan peralatan deteksi, proteksi, evakuasi dan dekontaminasi KBRN serta peralatan meteo. Mobil unit KBRN merupakan kendaraan tim KBRN yang sekaligus berfungsi sebagai posko yang dilengkapi peralatan deteksi, proteksi, evakuasi dan dekontaminasi KBRN serta peralatan meteo. Mobil unit KBRN dirancang untuk dapat bergerak di lingkungan dengan situasi KBRN. Oleh karena itu kendaraan ini dilengkapi dengan filter yang mampu menyaring udara sekitar yang terkontaminasi bahan-bahan KBRN sehingga menjadi bersih dan aman bagi personel di dalamnya. Sebagai posko tim KBRN, mobil unit KBRN dilengkapi dengan peralatan untuk mendeteksi racun kimia, agensia biologi serta radiasi yang disebabkan oleh bahan-bahan radioaktif maupun nuklir.

Pengambilan sampel dari lingkungan sekitar dapat dilaksanakan secara otomatis dari dalam mobil sehingga personel tim KBRN tidak perlu keluar dari kendaraan. Pengambilan sampel udara dilakukan melalui Air Probe Sampling kemudian diidentifikasi oleh alat deteksi KBRN untuk mengetahui jenis bahan yang mengkontaminasi udara di daerah tersebut. Sedangkan pengambilan sampel padat dan cair dilakukan melalui Soil Probe Sampling. Selain peralatan deteksi KBRN, mobil unit KBRN juga dilengkapi dengan peralatan meteo untuk memantau kondisi cuaca, arah dan kecepatan angin serta suhu dan kelembaban udara. Informasi cuaca sangat diperlukan untuk memperkirakan kecepatan penyebaran serta arah kontaminasi, sehingga dapat menentukan jalur evakuasi secara cepat dan tepat.